Thursday 6 December 2018

Perbedaan Struktur Teks Eksposisi Teks Eksplanasi Dan Teks Ulasan Teks Eksposisi


1.      Struktur paragraf pertama dalam teks eskposisi adalah berupa tesis atau pendapat. Tesis berperan sebagai ruang bagi penulis untuk memberikan perspektif serta pendapat subyektinya berkenaan dengan topik yang akan disajikan.
2.      Struktur kedua pada teks ini berupa argumentasi atau alasan penulis untuk mendukung atau memperkuat peryataan pada struktur pertama (tesis).
3.      Struktur ketiga pada paragraf ialah penegasan ulang berupa paragraf singkat yang berisikan penguatan dan kesimpulan.

Teks Eksplanasi

1.      Struktur pertama pada paragraf teks eskplanasi ialah peryataan umum. Peryataan umum pada awal teks meberikan penjelasan mengenai sebuah fenomena yang dibahas secara definitif dan bersifat general.
2.      Struktur pada paragraf kedua dalam teks eksplanasi berisikan penjelasan mengenai fenomena yang tengah di bawah dalam teks. Penjelasan tersebut berupa rangkaian peristiwa atau sebab terjadinya fenomena dan lain sebagainya.
3.      Strukutur paragraf ketiga adalah interpretasi berupa penjelasan singkat dan perspektif subyektif mengenai fenomena yang dibahas.
Teks ulasan:


1.                   Adanya gambaran umum tentang karya atau benda yang diulas

2.                   Adanya penilain terhadap kelebihan dan kekurangan karya atau  benda yang diulas

3.                   Simpulan penulis

No comments:

Post a Comment